Home » , » Bentuk-bentuk Paragra

Bentuk-bentuk Paragra

Paragraf adalah suatu bagian dari bab pada sebuah karangan atau karya ilmiah dengan cara penulisan yang harus dimulai dengan baris baru, terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan serta membentuk satu kesatuan pikiran. Dalam membaca kita pasti menemui apa yang di sebut paragraf. Paragraf sangat diperlukan dalam setiap menulis buku ataupun yang lainnya yang berhubungan dengan membaca. Paragraf yang baik dan menarik adalah paragraf yang sesuai dengan paragraf sebelumnya atau informasi yang disampaikan tidak menyimpang dari paragraf sebelumnya. Macam-macam paragraf menurut tujuannya yaitu :
1. Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami kejadian itu. Ciri-cirinya yaitu adanya kejadian, ada alur (tokoh,tempat,dan waktu), adanya karakter tokoh. Paragraf narasi ide pokoknya terletak diawal dan diakhir paragraf (campuran).
2. Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas dan terperinci, yang bertujuan melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan jelas sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan. Ciri-cirinya yaitu ada objek yang digambarkan, informasi yang disampaikan runtut, bersifat subyektif bermakna konotasi. Paragraf deskripsi ide pokoknya bias deduktif dan bias juga induktif sesuai dengan ide dari penulis.
3. Argumentasi adalah paragraf yang membuktikan kebenaran tentang alasan dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan untuk memperkuat ide atau pendapatnya penulis wacana argumentasi menyertakan data-data pendukung, dengan pembaca menjadi yakin atas kebenaran yang disampaikan penulis. Ciri-cirinya yaitu ada pendapat yang disertai dengan alasan yang logis untuk meyakinkan pembaca, bahasa yang digunakan bermakna denotatif, bersifat obyektif, dan ditutup dengan kesimpulan. Paragraf argumentasi ide pokoknya bisa deduktif dan juga bias induktif sesuai dengan ide dari penulis.
4. Persuasi adalah paragraf yang bertujuan mempengaruhi, menghimbau, membujuk atau merayu pembaca sehingga pembaca tergiur atau terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Ciri-cirinya yaitu ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu, bersifat objektif, berupa fakta. Paragraf persuasi ide pokoknya bisa deduktif dan juga bias induktif sesuai dengan ide dari penulis.
5. Eksposisi adalah karangan yang menyajikan atau memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya. Ciri-cirinya yaitu ada informasi untuk memaparkan suatu proses yang runtut, sistematis dan berkelanjutan, adanya gambar diagram untuk memperjelas isi paparan, nerusaha memberikan informasi yang jelas, bersifat obyektif, bermakna denotatif, dan berupa fakta dan opini. Paragraf eksposisi biasanya cenderung deduktif.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faizatur Rohmah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger